Komputer adalah sebuah mesin yang dapat diprogram untuk
menerima data (input), memprosesnya untuk menghasilkan informasi (output), dan
kemudian menyimpannya ke media penyimpan (Secondary Storage). Komputer dapat
membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti:
pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar. Pengoperasian
komputer dilaksanakan melalui sistem komputer.
Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang
terdiri dari perangkat lunak (software), operator (manusia) yang disebut brainware dan perangkat keras
(hardware) yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input,
menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk
informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait
untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)
Hardware (Perangkat Keras) adalah peralatan dalam bentuk
fisik yang menjalankan sistem computer. Pada gambar 1dibawah ini ditunjukkan
input-process-output model.
a)
Input-Process-Output Model
Gambar 1. Input- Process- Output Model
Keterangan gambar 1:
- Input
device: alat yg digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat
berupa signal input atau maintenance input. Signal
input : data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, Maintenance input :
program yg digunakan untuk mengolah data yg dimasukkan.
- Output
device: adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan
keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy
(ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Contoh: disk file, printer, video monitor, sound card.
- Storage
device: adalah alat penyimpan data. Contoh: floppy disk, hard disk, zip
disk, tape, flash disk, compact disk
- Process:
arithmetic/logical/sorting/match operations
- I/O
Ports: bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar
sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port
ini.
- Data
Bus : Adalah jalur-jalur perpindahan data dalam sistem komputer.
Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa
1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat
ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem
secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan
menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas
8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
- Address
Bus : Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses
transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori
yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16,
20, 24, atau 32 jalur paralel.
- Control
Bus : Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke
Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
- Motherboard
: adalah papan sirkuit yang ditempeli dengan CPU, memori utama, video
card, RAM, serta berbagai komponen lain yang mendukung kinerja suatu
komputer.
b) Komponen
Komputer
Gambar 2. Motherboard/Mainboard
- CPU
(Central Processing Unit): CPU merupakan otak sistem komputer yang
melaksanakan instruksi. Pemroses (CPU) merupakan otak dari sistem
komputer, berfungsi mengendalikan operasi komputer didalam pemrosesan
data, menghitung, operasi logika dan mengirim data dengan membaca
instruksi dari memori dan mengeksekusi. CPU memiliki dua bagian fungsi
operasional, yaitu; ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat
pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
a) CU (Control Unit):
Digunakan untuk mengatur dan menjalankan instruksi dalam urutan yang telah
ditetapkan. Mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem
komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan
ditampilkan pada alat output
b) ALU(Arithmatic and Logic
Unit): Bagian perangkat keras yang berhubungan langsung dengan
perhitungan aritmatika.
c) Register: alat
penyimpan yang berukuran kecil yang terdapat pada CPU. Alat penyimpan kecil ini
memiliki kecepatan akses cukup tinggi dan digunakan untuk menyimpan data dan
instruksi yang sedang diproses, sementara data dan isnstruksi lainnya yang
menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama (. Register
dalam CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu: Instruction
Register (IR) digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses. Program
Counter (PC) digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang
berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi, isi
PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya. General
purpose register, punya kegunaan umum yang berhubungan dengan data yang
sedang diproses. Contoh, yg digunakan untuk menampung data disebut operand
register, untuk menampung hasil disebut accumulator.
d) Bus: Menghubungkan CPU dengan
memori utama ataupun dengan alat-alat input/output (I/O).
Gambar 3. CPU
Memori: memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori
internal dan memori eksternal.
a) Memori internal berupa RAM
(Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah
untuk sementara waktu. Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama:
- Input
storage, digunakan untuk menampung
input yang dimasukkan melalui alat input.
- Program
storage, digunakan untuk menyimpan
semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
- Working
storage, digunakan untuk menyimpan
data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
- Output
storage, digunakan untuk menampung
hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
Gambar 4. RAM
b) ROM (Read Only Memory)
yaitu tipe memori yang secara permanen atau semi permanen menyimpan data.
Dinamakan read-only karena sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk menulis
ke dalam memori jenis ini. ROM sering disebut sebagai nonvolatile
memory karena data yang telah disimpan ke dalam memori ini akan tetap berada di
situ, bahkan ketika catu daya dimatikan.memori yang hanya bisa dibaca dan
berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali. Berikut ini
merupakan jenis-jenis ROM:
- PROM
(Programmable Read Only Memory), yg hanya dapat diprogram satu
kali.
- EPROM
(Erasable Programmable Read Only Memory) dapat dihapus
dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali
berulang-ulang.
- EEPROM
(Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram
kembali.
Gambar 5. ROM
- Chasing
: bentuknya bermacam-macam yaitu tempat untuk meletakkan semua komponen
(perangkat keras komputer).
Gambar 6. Chasing
- Mouse
adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain
keyboard. Mouse berbentuk seperti seekor tikus yang menjadi asal nama
bahasa Inggrisnya (mouse). Bentuk mouse yang umum adalah dua tombol –
masing-masing di kiri dan kanan yang bisa “diklik”. Mouse bekerja dengan
menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh sebuah permukaan yang
keras dan rata. mouse yang lebih baru biasanya tidak mempunyai bola;
menggunakan sinar optik untuk mendeteksi gerakan pemakai. Selain itu, ada
pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik itu yang berbasis
radio, inframerah maupun Bluetooth.
Gambar 7. Mouse
- Keyboard
atau papan ketik adalah peralatan mengetik yang digunakan untuk menginput
(memasukkan) teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian komputer.
Keyboard terdiri dari tombol-tombol berbentuk kotak yang disusun.
Tombol-tombol tersebut mempunyai huruf atau simbol yang tercetak di
atasnya yang menunjukkan huruf atau simbol yang akan ditampilkannya di
monitor bila ditekan. Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan
menekannya bersamaan, kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input
khusus. Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun
yang paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY, yang sebenarnya merupakan
tata letak mesin ketik yang paling popular. QWERTY adalah salah satu jenis
tata letak tombol-tombol pada keyboard.
Gambar 8. Keybord
- Monitor
: merupakan sebuah output device yaitu untuk menampilkan data atau
informasi ke layar.
Gambar 9. Monitor
- Hard
disk (Hard Drive): sebuah komponen yang digunakan untuk menyimpan data,
yang terpasang di dalam komputer dan dapat menyimpan data dengan lebih
banyak dibandingkan dengan penyimpan data portabel seperti disket, CD-ROM,
atau kaset. Data-data dalam hard disk disimpan di permukaan magnetis yang
berputar.
Gambar 10. Hard Disk
- Floopy
Drive : adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah
medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan fleksibel dan dilapisi
lapisan plastik berbentuk kotak atau persegi panjang. Disket “dibaca” dan
“ditulis” menggunakan floppy disk drive, yang terletak di CPU. Kapasitas
disket yang paling umum adalah 1,44 MB (seperti yang tertera pada disket),
meski kapasitas sebenarnya adalah sekitar 1,41 MB.
Gambar 11. Floopy Drive
Gambar 12. CD Drive
Compact Disk (CD) : adalah sebuah piringan optik yang
digunakan untuk menyimpan data digital, yang pada awalnya dikembangkan untuk
menyimpan audio digital. CD diperkenalkan pada tahun 1982, dan tetap menjadi
format standar pemutaran rekaman audio komersial per pertengahan 2006. Sebuah
CD audio mengandung satu atau lebih track stereo yang disimpan dengan coding
16-bit PCM pada rasio sampling 44.1 kHz. CD standar memiliki diameter 120 mm
atau 80 mm. Piringan 120 mm dapat menampung sekitar 80 menit audio. Piringan 80
mm, yang kadang digunakan untuk CD single, menampung sekitar 20 menit audio.
Teknologi piringan kompak kemudian diadopsi untuk digunakan sebagai alat
penyimpan data, dikenal sebagai CD-ROM, dan untuk media yang dapat ditulis
sekali dan berulang kali (CD-R and CD-RW). CD-ROM dan CD-R tetap digunakan
secara luas dalam industri PC per tahun 2006.
Gambar 13. CD Room
- VGA
Card : VGA atau Video Graphics Adapter. Kartu VGA berguna untuk
menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk
menggambar/desain grafis ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang
tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32,64,128,256
megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.
c) Komponen
Tambahan
1. Sound Card : Kartu suara (Sound Card) adalah suatu
perangkat keras computer yang digunakan untuk mengeluarkan suara. Pada awalnya,
Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card
adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya,
sound card dibagi 3:
- Sound
Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard
komputer.
- Sound
Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada
motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
- Soundcard
External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer
melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
Gambar 14. Sound Card Offboard
- LAN
Card
LAN Card adalah alat yang digunakan untuk menyambungkan 2
buah computer atau lebih dengan menggunakan media transmisi seperti
kabel, infra merah dan lain sebagainya.
Gambar 15. LAN Card
Alat ini digunakan untuk melakukan backup data ke sebuah
Compact Disk.
Gambar 16. CD Writer
Modem (Modulator Demodulator): metode standard untuk
menghubungkan ke internet. Modemalat dapat mengubah sinyal analog menjadi
sinyal digital dan sebaliknya sinyal digital menjadi sinyal analog.
Gambar 17. Modem
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER (SOFTWARE)
Software (Perangkat Lunak) digunakan untuk memerintahkan
mesin untuk melakukan sesuatu.
a) Pembagian
Software
1. System
Software
Software dibagi menjadi 2:
1. System Software: System software atau yang biasa disebut
sebagai Operating System (sistem operasi) dibuat oleh berbagai perusahaan atau
komunitas internet tertentu. Sistem operasi banyak berupa software komersial
tetapi ada juga beberapa yang dapat diperoleh dengan gratis. Contoh system
software:
- DOS (Disk Operating System)
- Linux
Linux pertama kali diperkenalkan oleh seorang mahasiswa
univesitas Helsinki, Finlandia yang bernama Linus Benedict Troval pada tahun
1991. Pada awal perkembangannya, kode sumber (source code) Linux disediakan
secara bebas di internet sehingga memungkinkan semua pemrogram di seluruh dunia
untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan sistem operasi ini. Sejalan
dengan perkembangan jaman Linux dikembangkan oleh beberapa komunitas yang
berbeda sehingga menghasilkan banyak varian dari linux. Contoh varian atau
distro yang banyak digunakan adalah redhat, mandriva, suse, trustix merdeka,
ubuntu, kubuntu, edubuntu, slackware dll.
- Windows
Windows dibuat oleh perusahaan Microsoft dibawah pimpinan
Bill Gates. Windows merupakan salah satu sistem operasi yang hampir 90%
digunakan oleh masyarakat indonesia. Saat ini Windows mulai tergeser oleh Linux
dikarenakan sistem operasi ini merupakan shareware sehingga apabila menggunakan
windows harus membelinya.
- FreeBSD
- Mac OS
- Be Os
- Windows CE
2.
Application Software
Applications Software: Applications Software dibuat oleh
seorang programmer komputer. Programer adalah orang yang men-design, menulis,
mengetes dan mengimplementasikan software. Contoh: Microsoft word, SPSS, Ms
Excel.
b) Macam – Macam
Software Berdasarkan Cara Mendapatkannya
Software dapat dikategorikan menjadi tiga berdasarkan cara
mendapatkannya :
- Freeware:
Program / aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis dan dapat digunakan
oleh pengguna secara bebas.
- Shareware:
Program / aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis dan dapat digunakan
oleh pengguna secara bebas tetapi biasanya pembuat program mengharapkan
kontribusi dari pengguna programnya. Kontribusi ini biasanya berupa uang.
- Commercial:
Program / aplikasi yang biasa digunakan oleh pengguna pada umumnya. Biasanya
dikemas dalam sebuah box (kotak) yang berisi CDRom/Disket dan buku
panduan. Untuk dapat menggunakan program ini pengguna harus membelinya.
BRAINWARE
Brainware adalah orang yang mengguakan komputer. Brainware
dapat dikelompokan menjadi 3 macam:
a) Operator: seseorang yang
mengoperasikan mesin komputer atau dapat pula dikatakan dengan seseorang yang
menjelaskan tindakan untuk dilaksanakan.
b) Programer: seseorang yang
bertugas merancang, menulis, dan menguji komputer
c) System Analyst: seseorang
yang bertugas untuk melakukan spesifikasi penyelesaian masalah.
DAFTAR PUSTAKA
Wijayanto, Heny Panca. 2006. Diktat Kuliah S
Iwansantosa.files.wordpress.com/2000